KOMPUTER, NIC, KOMPONEN JARINGAN

A. KOMPUTER

Capture

Pengertian Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare  yang artinya menghitung. Dalam  bahasa  Inggris  disebut  to  compute. Secara  definisi  komputer  diterjemahkan sebagai  sekumpulan  alat  elektronik  yang  saling  bekerja  sama,  dapat  menerima  data (input),  mengolah  data  (proses)  dan  memberikan  informasi  (output)  serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut

sekema-komputera. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
input+device2b. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu :
beberapa_prosesor

  • Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

c. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.Memory-ram

Memori terbagi atas dua macam, yaitu :
1. Read  Only  Memory  (ROM),  yaitu  memori  yang  hanya  bisa  dibaca  saja,  tidak dapat  dirubah  dan  dihapus  dan  sudah  diisi  oleh  pabrik  pembuat  komputer.  Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian  akan  dipindahkan  ke  RAM.  Perintah  yang  ada  di  ROM  antara  lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang  ini  ROM  telah  mengalami  perkembangan  dan  banyak  macamnya,
diantaranya :

  • PROM  (Programable  ROM),  yaitu  ROM  yang  bisa  kita  program  kembali dengan  catatan  hanya  boleh  satu  kali  perubahan  setelah  itu  tidak  dapat  lagi diprogram.
  • RPROM  (Re-Programable  ROM),  merupakan  perkembangan  dari  versi PROM  dimana  kita  dapat  melakukan  perubahan  berulangkali  sesuai  dengan yang diinginkan.
  • EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya  dengan menggunakan sinar ultraviolet.
  • EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan  teknikelektrik.  EEPROM  ini  merupakan  jenis  yang  paling banyak digunakan saat ini.

2. Random Access Memori (RAM),  dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM  adalah  memori  yang  dapat  diakses  secara  random.  RAM  berfungsi  untuk  menyimpan  program  yang  kita  olah  untuk  sementara  waktu  (power  on)  jika komputer  kita  matikan,  maka  seluruh  data  yang  tersimpan  dalam  RAM  akan hilang.  Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan  media  penyimpanan  eksternal,  seperti  Disket,  Harddisk,  flash  disk, PCMCIA card dan lain-lain.

d. Output  Device,  adalah  perangkat  komputer  yang  berguna  untuk  menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari  penjelasan  diatas  dapat  kita  simpulkan  bahwa  prinsip  kerja  komputer  tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa  oleh  CPU  sesuai  yang  kita  inginkan  dan  data  yang  telah  diolah  tadi  disimpan dalam  memori  komputer  atau  disk.  Data  yang  disimpan  dapat  kita  lihat  hasilnya melalui perangkat keluaran.

outputdeviceDari  penjelasan  diatas  dapat  kita  simpulkan  bahwa  prinsip  kerja  komputer  tersebut  diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa  oleh  CPU  sesuai  yang  kita  inginkan  dan  data  yang  telah  diolah  tadi  disimpan  dalam  memori  komputer  atau  disk.  Data  yang  disimpan  dapat  kita  lihat  hasilnya  melalui perangkat keluaran.

Pada komponen jaringan, Komputer terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Komputer Server

Server merupakan sebuah system computer yang didalamnya menyediakan jenis layanan tertentu yang bisa di akses oleh komputer-komputer client yang terhubung dalam sebuah jaringan. Komputer server adalah komputer yang bertugas untuk menyimpan semua hal yang diperlukan oleh komputer client dan memenuhi semua aktivitas yang dibutuhkannya. Komputer server hanya dapat di gunakan dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki wewenang hak akses sehingga data yang tersimpan tidak akan mengalami kebocoran data ke pihak luar.

Syarat umum yang harus mampu dipenuhi oleh computer server adalah :

  • Memiliki kapasitas prosesor dan RAM yang besar
  • Memiliki kemampuan proses yang cepat, tinggi dan mampu mempertahankannya meskipun beban kerja berada pada batas maksimum
  • Mampu bertahan tidak dimatikan dalam waktu lama atau aktif selama 24 jam/hari
  • Memiliki keamanan system software dan hardware yang bagus
  • Mudah untuk dirawat agar waktu serta biaya perawatab dapat dihemat
  • Menggunakan aplikasi nostandar yang memiliki keamanan tinggi.

2. Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang meminta (request) satu layanan tertentu ke suatu server. Computer client harus dilengkapi dengan aplikasi client khusu dan menjalankannya, sehingga dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan server. Computer client hanya sebatas pengguna yang melakukan pengolahan data-data yang di akses dari server.

B. NIC

Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

Fungsi Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan

Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:

  1. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer
  2. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.

Jenis Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan

Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada layer Physical dan Data Link, yang menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang umumnya berupa Switch LAN. Kartu LAN ini dikoneksikan ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang ini adalah kabel UTP Cat5e (kabel standard UTP yang mendukung kecepatan Gigabit).Pada umumnya kartu jaringan ada yang sudah built-in dengan Motherboard dari komputer atau laptop, akan tetapi banyak komputer rakitan sendiri tidak memasukkan kartu jaringan pada motherboardnya, jadi anda harus membeli sendiri kartu jaringan tersebut – hanya bila anda akan menggunakan komputer tersebut terhubung dengan system jaringan local.

1. PCI AdapterCX-8169SC-unitPCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.

2.  USB Adapter

bluetooth-usb-adapter_hama_nano_class_1,p-49233,s-700

 USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai karena sifatnya yang praktis dan banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless.Kartu jaringan wireless ini ada beberapa macam tergantung standard technology yang digunakan, meliputi:

  • Kartu jaringan USB wireless-B yang beroperasi berdasarkan standard Wireless 802.11B dan bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps menggunakan frequency band 2,4 GHz, berbagi jaringan dengan kapasitas keluaran secara real sampai 7 Mbps. Mempunyai jangkauan yang bagus tapi mudah dipengaruhi oleh interferensi radio.
  • Kartu jaringan USB wireless-G yang beroperasi berdasarkan standard Wireless 802.11G dan bekerja dengan kecepatan maksimum 54 Mbps, yang merupakan pengembangan dari versi 802.11b. Ada beberapa model yang menggunakan technology wireless-G ini yang dipercepat dengan ditambah teknologi MIMO yang bisa menghasilkan kecepatan sampai 180 Mbps ideal.
  • Kartu jaringan USB wireless-N yang menggunakan standard technology wireless paling cepat saat ini yaitu draft 802.11N. walaupun masih draft (belum final) akan tetapi hampir semua pabrik pembuat piranti wireless mengadopsi technology ini. Anda tidak perlu khawatir masalah compatibility dari standard wireless-N ini karena setiap produk wireless-N yang lulus uji certifikasi “Wi-Fi Certified” berarti dia sudah teruji kompatibilitynya dengan jaringan standard sebelumnya 802.11B/G. biasanya ditandai dengan tanda certifikasi “Wi-Fi Certified”. Jenis USB adapter wireless ini biasa digunakan baik untuk komputer desktop maupun notebook. Gambar berikut ini menunjukkan beberapa model kartu jaringan USB dan tanda certifikasi “Wi-Fi Certified” baik untuk wireless-G (yang compatible dengan wireless-B) maupun yang untuk wireless-N (yang compatible dengan wireless-B/G).

Ada juga beberapa model piranti USB ini menggabungkan technology 802.11N dan 802.11A mengahsilkan adapter wireless –N dengan dual-band 2,4 GHz dan 5 GHz yang biasanya bekerja secara simultan, memungkinkan anda memakai frequency band 5 GHz untuk kebutuhan applikasi atau aktivitas yang memerlukan bandwidth intensif yang tinggi seperti streaming High Definition media. Jaringan dengan frequency band 5 GHz ini relative lebih kebal terhadap interferensi dari frequency band 2,4 GHz dimana frequency 2,4 GHz ini banyak dipakai oleh peralatan rumah tangga seperti cordless phone, open microwave, pembuka garasi automatis, dll. Untuk adapter wireless dual band anda bisa memilih untuk bekerja di 2.4GHz atau 5GHz band tergantung jaringan anda.

3. CardBus /PCMCIA

ou40cb012

Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi di

4. ExpressCard

big_USB3_Host_Express_Card

Kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus. Kenapa begitu? Kartu jaringan ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sedangkan Cardbus menggunakan controller interface yang hanya memakai interface PCI.ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slot ExpressCard. Sementara untuk Cardbus menggunakan share bus dengan keluaran maksimum sampai 1,06 Gigabits per second saja secara sharing bersama-sama. Sementara itu, power yang dipakai hampir separuh (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).

5. PCI Express USB 3.0 Adapter

8402

Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.

C. PERANGKAT JARINGAN

Perangakt Jaringan adalah komputer beserta perangkat-perangkat yang lain yang saling berhubungan atau terkait satu sama lain dalam satu kesatuan.

Menurut fungsinya Perangkat jaringan komputer dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

  1. Perangkat Lunak Komputer (software)
    Pengertian Software adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras.
  2. Perangkat Lunak Komputer (Hardware)
    Fungsi Hardware adalah alat yang mendukung proses komputerisasi dan bekerja berdasarkan perintah yang telah di perintahkan kepadanya atau bisa juga disebut dengan dengan istilah instruction set.

contoh perangkat jaringan diantaranya:

1. Hub
hub adalah perangkat yang menggandakan frame data yang berasal dari sala satu komputer ke semua port sehingga semua komputer yang terhubung dengan port akan menerima data juga.

hub

2. Repeater

Repeater adalah perangkat yang dapat menerima sinyal kemudia memperkuat sinyal dan mengirim kembali sinyal ke tempat lain yang menjangkau area lebih jauh

Repeater

3. Bridge

Bridge adalah peralatan yang dapat menghubungkan beberapa segmen dalam sebuah jaringan, bridge dapat mengenali mac address

Router4.  Switch

Switch, cara kerja switch sama seperti Hub, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga switch disebut multi port bridge, namun switch mempunyai collision domain yang sangat mempecepat pengirimana data pada jaringan.

Switch

5. Router

Router adalah peralatan jaringan yang memghubungkan satu jaringan ke jaringan lain, router lebih cerdas  dibandingkan bridge, karena router bisa memutuskan rute terbaik yang akan di tempuh oleh paket data.

Router2

6.  Modem

Moden adalah dengan kata lain modulator & Demodulator.
Fungsi Modulator adalah bagian yang mengubah sinya linformasi kedalam sinyal pembawa untuk di kirim.
Fungsi demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi.

modem

7. NIC

NIC adalah peralatan yang langsung terhubung dengan komputer dan di desain agar kompuer dalam jaringan dapat berkomunikasi, NIC menghasilkan BIT-BIT yang sebenarnya.

NIC

8. Wireless Adapter

Wireless Adapter adalah merupakan interface end user ke jaringan wireless biasa di sebut PCMCIA (personal Computer Memory Card International Association

wireless adapter

Leave a comment

Filed under Jaringan Komputer & Komunikasi Data

Leave a comment